Dunia anak memang memiliki pesonanya tersendiri, tak jarang hal ini juga memberikan perasaan menyenangkan saat mendekorasi kamar anak-anak atau bayi. Mendekor kamar anak-anak atau bayi memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan mendekor kamar-kamar yang lain. Karena kondisi kamar juga bisa mempengaruhi psikologi anak-anak.

Mendekor kamar anak-anak atau bayi bisa dilakukan dengan memberikan berbagai pernak-pernik, warna, atau hiasan dengan segala sesuatu yang terlihat ceria, lucu dan menyenangkan. Seringkali para orang tua atau dekorator memanfatkan kesempatan ini untuk memanjakan diri mereka dengan masa lalu dan ini memberikan sensasi menyenangkannya tersendiri. Belum lagi, ini juga merupakan cara lain untuk mengasuh anak dan bayi mereka.

Ada begitu banyak tema yang bisa digunakan untuk menghias kamar anak-anak dan bayi namun justru hal tersebut akan membuat Anda kebingungan untuk memilih tema mana yang paling sesuai untuk digunakan. Pilihan warna-warna tenang merupakan pilihan terbaik, karena warna-warna tersebut akan membuat bayi atau ibu menyusui merasa tenang jika dibandingkan dengan warna-warna terang dan mencolok. Penambahan hiasan di langit-langit seperti bintang-bintang dan bulan, atau sticker-sticker tertentu juga boleh diterapkan.

Anak-anak juga akan merasa senang jika desain interior di dalam kamarnya dilengkapi dengan berbagai karakter-karakter favoritnya. Ini juga akan membuat kamar terlihat lebih ramai, misal anak Anda suka dengan karakter Disney Winnie the Pooh maka Anda bisa mencari item-item yang memiliki gambar karakter kesukaannya tersebut seperti lampu, kursi, tempat tidur, lemari dan lain-lain.

Sementara untuk anak-anak yang sedang beranjak dewasa atau remaja, tentu saja tata ruangnya pun akan mulai berbeda. Mungkin mereka mulai kurang suka dengan dekorasi kamar yang dipenuhi dengan karakter-karakter kartun, mereka ingin kamarnya diisi dengan sesuatu yang sedikit lebih canggih. Nah, mengani hal tersebut Anda bisa memilihkan seprei, gorden atau lampu-lampu yang sesuai dengan keinginan mereka.

Tentu saja peran orangtua dalam mengatur atau menata kamar untuk anak-anaknya sangat besar namun jangan lupa untuk tetap mengembalikan semuanya sesuai dengan keinginan si anak. Mereka akan merasa lebih nyaman dengan sesuatu yang mereka sukai dan itu adalah hal yang lumrah.