Mendekorasi rumah memang terkadang memerlukan anggaran yang tidak sedikit, namun jika Anda mampu membuat strategi yang terencana Anda tetap bisa menyesuaikan dengan anggaran keluarga Anda tanpa perlu menghabiskan banyak uang untuk dekorasi ulang rumah Anda.

Kesuksesan dalam mendekorasi rumah pada anggaran rumah tangga yang terbatas membutuhkan persiapan dan perencanaan yang baik. Hal yang paling penting adalah untuk memutuskan berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan sebelum membuat rencana desain interior rumah Anda. Nah, simak beberapa tips yang bisa digunakan saat mendekor rumah dengan anggaran yang ketat:
  1. Sadarilah bahwa kenyataannya Anda tidak bisa mendapatkan semuanya sekaligus.
  2. Mengatur batas anggaran dan target waktu penyelesaian proyek dekorasi rumah Anda. Hal ini akan sangat membantu untuk membatasi kecenderungan untuk terus menambah desain kamar yang pada akhirnya akan meningkatkan anggaran secara keseluruhan.
  3. Konsentrasilah pada satu bidang dalam satu waktu. Maksudnya disini adalah karena budget yang terbatas Anda harus memfokuskan proyek dekorasi ini untuk satu lokasi terlebih dahulu, misalnya dekorasi ruang tamu atau kamar tidur saja. Jangan memaksakan diri untuk mendekorasi keseluruhan rumah jika Anda memiliki Anggaran yang ketat.
  4. Pastikan Anda sudah memiliki ide yang jelas mengenai lokasi yang ingin didekorasi, termasuk desain, ukuran, warna, tema dekorasi dan lain-lainnya. Setelah memiliki ide yang jelas, Anda harus fokus menyelesaikannya tanpa memberikan tambahan-tambahan lain.
  5. Lihatlah seisi kamar dengan sudut pandang yang berbeda. Kadang-kadang Anda bisa mengatur ulang atau tetap menggunakan furnitur-furnitur yang ada dengan tambahan beberapa furnitur baru untuk memberikan efek yang sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Saat mendekor ulang, jangan lakukan secara berlebihan. Anda harus mengetahui fungsi utama dari ruang, pemilihan gaya dan fokus untuk menaatinya.
  7. Cat dinding baru, wallpaper atau penambahan pembatas dinding merupakan biaya yang paling efektif untuk meningkatkan desain interior rumah Anda.
  8. Penambahan item aksesoris seperti cermin dinding, gambar, bantal, vas dan lampu merupakan solusi dekorasi ekonomis untuk mencerahkan ruang Anda untuk terlihat lebih modern.
  9. Furnitur atau mebel yang masih layak pakai bisa digunakan kembali untuk menghemat biaya. Kamu cukup medaur ulang barang-barang tersebut agar terlihat lebih fresh.
  10. Jika Anda berencana untuk menggunakan crown molding, pertimbangkan untuk memilih yang berbahan styrofoam. Biayanya jauh lebih sedikit, lebih mudah untuk menginstalnya, dan terlihat lebih menarik dibandingkan yang terbuat dari kayu.